Senin, 30 Juni 2014

Mempersiapkan generasi muda era Pasar Bebas ASEAN

Essay ini dibuat untuk mengikuti seleksi Beasiswa DataPrint. yuk ikut gabuung di


Tema: Mempersiapkan generasi muda era Pasar Bebas ASEAN

Tahun 2015 mendatang, pasar bebas ASEAN mulai berlaku. Jika ingin tetap bisa bersaing, Indonesia harus berbenah. Indonesia sebagai salah satu Negara di kawasan Asia dengan jumlah penduduk terbanyak, merupakan sasaran tembak yang potensial bagi peluncuran perkembangan perusahaan–perusahan asing. Apalagi Indonesia mentalnya, mental ‘impor’. Generasi muda lebih memilih barang impor dari pada produk dalam negeri. Betapa bangganya mereka menggunakan produk impor dari pada produk kandang sendiri. Padahal sebenarnya, bahan baku hasil barang impor itu dari Indonesia, Indonesia hanya belum mampu untuk mengolahnya, aduuuh betapa mirisnya ini.
Kalau generasi mudanya begitu, bagaimana selanjutnya. Kita tidak akan maju kalau kita hanya penikmat, sadarkah kita sudah di-bully oleh produk impor. Oleh karena itu, kita harus berbenah, mari kita ciptakan produk yang membahana harum negeri kita Indonesia.
Banyak diantara generasi muda yang masih mau hidup dan berkembang dinegaranya sendiri, karena dia ingin lahir dan besar sendiri di tanah Indonesia. Hanya saja mereka butuh wadah untuk menyalurkannya, butuh rasa untuk menghargai produknya. Betapa banyak orang Indonesia yang kreatif. Jangan tunggu di tarik bangsa asing dulu, baru kita terlambat menyadari generasi muda yang unggul ini. Bahkan ada diantara generasi muda malah mencemooh, dengan men‘judge’ penghianat, tidak tahu terimakasih, padahal kenyataanya bkarena ketika karyanya lebih dihargai bangsa asing dari pada bangsa sendiri, dia akan lebih memilih mereka yang menghargainya. Jangan sampai ini terjadi ‘lagi dan lagi’.



1 komentar: