Rabu, 12 Mei 2010

GANGGUAN SISTEM GERAK

Macam-macam Gangguan pada Sistem Gerak

Sistem gerak dapat mengalami gangguan atau kelainan. Kelainan pada sistem gerak dapat terjadi karena beberapa hal, seperti kelainan sejak lahir, kekurangan vitamin, dan kecelakaan. Berikut contoh-contoh kelainan yang terjadi pada sistem gerak kita.

1. Rickets
Rickets merupakan suatu kelainan pada tulang yang terjadi karena kekurangan zat kapur, fosfor, dan vitamin D. Kelainan ini dapat terlihat dari kaki yang berbentuk huruf O dan huruf X.

2. Osteoporosis
Suatu keadaan dimana penghancuran tulang lebih cepat daripada proses pembentukan tulang. Akibatnya tulang menjadi keropos. Penyebabnya yaitu karena kekurangan kalsium. Penyakit ini mudah terjadi pada orang yang lanjut usia.

3. Patah Tulang (Fraktura)
Retak atau patah tulang dapat terjadi karena benturan atau tekanan yang terlalu keras. Selain penyebab tersebut, patah tulang dapat terjadi karena kecelakaan.
Dapatkah orang yang patah tulang sembuh kembali? Sebagai organ yang hidup, tulang mempunyai kemampuan membentuk jaringan baru untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Oleh karena itu, penderita patah tulang, terutama jika usianya masih muda dapat sembuh kembali. Akan tetapi jika persambungan tulang yang patah tersebut tidak baik maka bentuknya menjadi tidak sempurna dan terlihat cacat

Oleh karena itu, berhati-hatilah jangan sampai ada tulang tubuhmu yang patah.

4. Arthritis
Arthritis merupakan peradangan yang terjadi pada sendi. Dapat terjadi karena banyak mengangkat atau membawa beban terlalu berat, ataupun infeksi mikroorganisme.

5. Lepas Sendi
Sendi lepas dapat dari tempatnya sehingga ligamen putus/ sobek. Hal ini dapat terjadi karena kecelakaan ataupun ketika melakukan olahraga berat.

6. Kebiasaan Posisi Duduk
Posisi duduk yang salah dapat mengakibatkan pertumbuhan dan posisi tulang seseorang mengalami kelainan. Kelainan tulang ini dapat terjadi karena kebiasaan posisi duduk yang salah. Contoh kelainan akibat kebiasaan duduk yang salah adalah skoliosis, kifosis, dan lordosis.
Skoliosis adalah kelainan pada tulang belakang melengkung ke samping sehingga tubuh ikut melengkung ke samping. Kifosis adalah kelainan pada tulang belakang melengkung ke belakang, sehingga tubuh bungkuk. Adapun lordosis merupakan kelainan pada tulang belakang bagian perut melengkung ke depan sehingga bagian perut maju.
Beberapa penyakit atau gangguan pada sistem gerak dapat terjadi pada siapa saja. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada dirimu.

Bookmark and Share

Kelainan –kelainan dan Penyakit pada Sistem Gerak

Gangguan dan Kelainan Tulang
Fraktura (patah tulang)

Fraktura terbuka terjadi jika ujung tulang yang patah keluar menembus kulit. Fraktura tertutup jika tulang patah, ujung tulang yang patah tidak menembus atau tidak keluar ke kulit. Penyembuhan retak tulang atau patah tulang selalu digunakan pembalut agar posisi tulang yang mengalami patah tidak mudah bergeser.
Osteoporosis
Osteoporosis dikarenakan kekurangan mineral, umumnya terjadi pada orang dewasa dan berakibat pada tulang menjadi rapuh dan mudah patah, Untuk mengatasinya hendaknya banyak mengkonsumsi mineral.
Arthritis
Arthritis adalah penyakit sendi. Salah satu bentuk arthritis adalah rematik. Menghindari infeksi dan mengkonsumsi makanan seimbang mengurangi terjadinya arthritis.
Riketsia
Terjadi karena kekurangan vitamin D. Penyakit ini terjadi pada anak-anak yang menyebabkan tulang kakinya tumbuh membengkok. Upaya untuk mengurangi penyakit ini adalah penambahan mineral ke dalam diet dan dengan berjemur di panas matahari.
Lordosis
Tulang punggung terlalu melengkung ke depan, dapat disebabkan oleh kegemukan atau kebiasaan yang salah.
Kifosis
Tulang punggung terlalu melengkung ke belakang (tubuh kelihatan bungkuk). Dapat disebabkan TBC atau kebiasaan duduk yang salah.
Skoliosis
Tulang punggung melengkung ke kiri atau ke kanan. Kondisi ini disebabkan oleh kebiasaan duduk yang salah.
Atropi
Kelainan dimana otot menjadi mengecil, sehingga tidak kuat melakukan gerakan.
Hipertropi
Suatu kondisi dimana otot mengalami perkembangan abnormal.
Gangguan dan Kelainan Otot
Kram
Disebabkan oleh kejang otot. Otot tiba-tiba berhubungan sangat kuat sehingga sakit. Kram bisa terjadi saat cuaca dingin atau aktivitas otot terlalu berat. Kram bisa juga merupakan gejala ketidakseimbangan air dan ion di dalam tubuh.
Nyeri otot
Nyeri otot umumnya diderita orang berusia lanjut. Penyakit ini mungkin disebabkan pembengkakan jaringan penghubung otot. Jaringan yang membengkak menekan ujung saraf dan pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah terhambat dan timbul rasa nyeri. Nyeri otot biasanya kambuh pada cuaca dingin dan dapat diatasi dengan pijat dan menghangatkan diri.
Polio
Disebabkan infeksi virus pada saraf yang mengendalikan gerakan otot rangka. Orang yang terserang penyakit polio dapat menjadi lumpuh. Penyakit polio dapat dicegah dengan imunisasi pada bayi.
Sawan
Adalah kontraksi dari beberapa kelompok otot yang tidak terkoordinasi. Sawan bisa terjadi akibat gangguan pada otak.
Keseleo
Terjadi di daerah sendi. Otot dapat putus akibat tarikan yang tiba-tiba dan kuat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar