Senin, 16 Januari 2012

Masyarakat Ruang Angkasa Dan Grafitasi Buatan




Masyarakat Ruang Angkasa Dan Grafitasi Buatan


Dalam film-film fiksi ilmiah, sering digambarkan adanya kelompok masyarakat yang memiliki kehidupan seperti d bumi. Mungkinkah ini? Manusia tidak akan mampu bertahan hidup cukup lama tinggal di ruang angkasa seperti itu, dimana logikanya gaya gravitasinya nol. Dilingkungan dengan gaya gravitasi nol, manusia akan mengalami perubahan-perubahan pada tubuhnya.

     Para ilmuan telah meneliti kemungkinan bagi manusia untuk membentuk suatu kelompok masyarakat di ruang angkasa. Manusia akan bertahan hidup lama jika ditempatkan pada sebuah ruang berupa roda raksasa yang berputar. Roda raksasa yang berputar ini akan mengakibatkan munculnya efek “gaya gravitasi buatan” bagi para penduduk didalam ruang roda raksasa tersebut.
     Roda raksasa yang berputar akam memberikan kecepatan sentripetal kepada para penduduk didalamnya, yang akan menyebabkan sensasi gaya berat. Kecepatan roda raksasa ini berputar akan disesuaikan agar diperoleh perrcepatan gaya gravitasi buatan yang besarnya sama dengan percepatan gravitasi di permukaan bumi. Yang perlu dicatat disini adalah bahwa dalammasyarakat ruang angkasa seperti ini, “jatuh kebawah” berarti keluar kearah tepi roda, sedangkan naik keatas” berarti bergerak mendekati sumbu rotasi pada roda raksasa.
Semoga para ilmuan didunia segera mengungkap bahwa adanya kehidupan di ruang angkasa dengan bantuan gaya gravitasi buatan.. seperti apa ya kehidupan disana?? mmm ;O








1 komentar: